5 Cara Bagaimana Meningkatkan Konsentrasi Dengan Cepat

Pekerjaan yang menumpuk ada kalanya menimbulkan rasa bosan. Rasa bosan akan menghilangkan konsentrasi sehingga pekerjaan menjadi kacau. Padahal, pekerjaan tersebut harus segera Anda selesaikan atau Anda bisa mendapat masalah.

Disaat Anda mencoba untuk meningkatkan konsentrasi, Anda justru semakin kehilangan konsentrasi. Hal ini tentunya membuat rasa frustrasi yang besar.

Sebelum keadaan semakin kacau, sebaiknya Anda mencoba cara meningkatkan konsentrasi berikut ini.

1. Jangan memaksakan diri
Walaupun pekerjaan harus cepat dilakukan, Anda jangan memaksakan diri untuk bekerja lebih cepat. Semakin Anda memaksakan diri untuk bekerja cepat, Anda justru bisa kehilangan lebih banyak konsentrasi. Bekerjalah dengan kecepatan wajar yang bisa Anda lakukan.

2. Tenangkan hati
Saat bosan, mungkin akan muncul rasa kesal dalam hati. Hal ini juga bisa menghilangkan konsentrasi. Sebelum konsentrasi Anda hilang sepenuhnya, cobalah untuk menenangkan hati dan menghilangkan kekesalan Anda.

Tarik nafas panjang dan atur nafas Anda perlahan. Biasanya, pengaturan nafas bisa membantu menghilangkan rasa kesal dan bosan.

3. Pikirkan hal yang baik-baik
Rasa bosan muncul karena Anda melakukan apa yang tidak Anda sukai. Anda tidak suka dengan pekerjaan yang menumpuk atau Anda tidak suka dengan bos Anda yang terus saja bertanya kapan pekerjaan akan selesai.

Daripada memikirkan hal yang tidak Anda sukai, lebih baik Anda alihkan sejenak pemikiran Anda dan mencari hal-hal baik.

Sebagai contoh, pikirkan bonus yang akan Anda dapatkan jika bisa bekerja dengan baik atau setidaknya pikirkan rasa bangga dan kepuasan yang akan Anda rasakan jika berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.

4. Cobalah beristirahat sebentar
Saat Anda bosan dan meneruskan bekerja, biasanya pekerjaan Anda bisa menjadi lebih kacau. Anda sama sekali tidak bisa berkonsentrasi yang menyebabkan Anda melakukan kesalahan sehingga Anda harus mengulangi pekerjaan Anda kembali.

Jika seperti itu, yang terjadi adalah Anda akan kehilangan lebih banyak waktu. Jadi, daripada membuang waktu untuk sesuatu yang sia-sia, lebih baik Anda mengorbankan sedikit waktu untuk beristirahat.

Cobalah mencari udara segar untuk menghilangkan stress dan mengembalikan semangat kerja. Tapi, Anda juga jangan sampai terbuai terlalu lama. Setelah beristirahat sebentar, kembalilah untuk bekerja.

5. Minum air hangat
Kehilangan konsentrasi bisa disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, segera ganti cairan tubuh dengan meminum air secukupnya.

Sebaiknya Anda meminum air hangat karena suhu yang hangat akan membantu melancarkan aliran darah sehingga tubuh menjadi segar dan otak juga mendapatkan suplai darah yang cukup.

Selain itu, meminum air juga bisa membantu mengalihkan perhatian Anda untuk sesaat. Dengan teralihnya perhatian Anda, biasanya rasa bosan akan ikut hilang.

Masing-masing orang memiliki kondisi tubuh dan juga psikologi yang berbeda. Oleh karena itu, biasanya ada perbedaan antara satu orang dengan yang lainnya. Cobalah beberapa cara diatas dan dapatkan yang paling pas untuk Anda.


Leave a Reply