5 Cara Terbukti Ampuh Memaafkan Kesalahan Orang Lain Dengan Ikhlas

Setiap orang pernah merasa disakiti lalu kesal, marah, dan benci kepada orang yang menyakitinya itu. Hal itu adalah sesuatu yang manusiawi. Namun, perasaan kesal dan marah tidaklah baik jika disimpan lama.

Dendam hanya akan merusak hati yang selanjutnya justru bisa merugikan diri sendiri karena menghilangkan pikiran positif.

Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menyimpan dendam dan memaafkan siapapun yang pernah menyakiti kita, bahkan walaupun orang tersebut belum meminta maaf.

Namun, memaafkan bukanlah hal yang mudah. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara memaafkan orang lain dengan ikhlas.

1.Pikirkan sekali lagi apakah benar orang tersebut melakukan kesalahan pada Anda
Ada kalanya kita terbawa emosi dan begitu marah dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Namun, emosi bisa menutup logika kita. Oleh karena itu, cobalah untuk meredam emosi dan pikirkan sekali lagi apa yang sebenarnya terjadi.

Apakah benar orang tersebut telah melakukan kesalahan pada Anda? Siapa tahu, ternyata Anda juga turut andil dalam menciptakan kejadian tersebut.

Jadi, kesalahan tidak sepenuhnya ada pada orang tersebut. Ketahuilah bahwa banyak sekali perseteruan yang berawal dari kesalahpahaman dan keegoisan.

2.Coba berpikir dari sudut pandang yang berbeda
Jika memang orang tersebut yang bersalah, cobalah untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jangan hanya berpikir tentang keburukan, tetapi carilah hal-hal yang bersifat positif.

Jika orang yang menyakiti Anda adalah orang yang sudah lama Anda kenal, coba untuk menggali kembali hal-hal baik yang pernah dilakukan oleh orang tersebut pada Anda.

Ingatlah kembali masa-masa bahagia yang pernah Anda lewati bersama dengan orang tersebut.

3.Coba rasakan apa yang orang tersebut rasakan
Cobalah untuk berada pada posisi orang itu dan rasakan apa yang dia rasakan saat itu. Cobalah untuk bisa mengerti orang itu.

Cari tahu apa penyebab orang tersebut melakukan hal yang menyakiti Anda. Setiap perilaku, tentu ada penyebabnya. Saat Anda mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk mengerti mengapa orang tersebut melakukan apa yang dia lakukan.

Bisa jadi, ada kejadian buruk yang menimpa orang tersebut sehingga dia terpaksa melakukan apa yang dia lakukan.

4.Lupakan semua kejadian buruk di masa lalu
Hal buruk jangan disimpan lama dalam hati. Walaupun sulit, lupakan kejadian buruk di masa lalu. Carilah hal-hal positif saat ini dan jelang masa depan yang lebih bahagia.

5.Yakinkan diri bahwa Tuhan akan memberikan ganjaran terbaik bagi orang-orang yang memaafkan
Tuhan akan memberikan ganjaran terbaik bagi orang pemaaf. Ganjaran Tuhan jauh lebih hebat dari apapun dan lebih membahagiakan.

Semua hal harus dilalui dengan proses, begitu juga memaaf