7 Langkah Mudah Menjadi Pribadi Yang Baik

Menjadi pribadi yang baik bukanlah perkara mudah. Setiap orang mempunyai standar “baik” yang berbeda.

Bagi seseorang mungkin sudah menganggap dirinya baik, padahal bagi orang lain belum tentu. Namun, meskipun sulit, bukan berarti tidak bisa mengusahakannya, bukan?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menjadi orang yang mempunyai kepribadian baik dan dapat diterima orang lain. Mau tahu cara apa sajakah itu? Simak uraian berikut ini.

1. Mendefinisikan Kebaikan secara Benar
Sebelum melakukan hal-hal lain, Anda harus mampu mendefinisikan arti kata “kebaikan” itu sendiri.

Definisi inilah yang akan Anda jadikan patokan untuk melakukan hal-hal lain. Berbicara tentang kebaikan sama artinya bicara tentang kepedulian terhadap orang lain.

Lakukan segala hal untuk membantu orang lain dengan tulus. Jangan sekali-kali menyelipkan perasaan ingin dianggap wah atau ingin dibalas.

2. Bersikap Baiklah kepada Diri Sendiri
Setelah mendefinisikan kebaikan, langkah selanjutnya adalah bersikap baik pada diri sendiri. Perlakukan diri sendiri dengan baik. Mungkin, cara ini akan lebih mudah bagi siapa saja.

Namun, jangan salah. Ada juga orang yang sangat peduli dengan orang lain, namun dengan diri sendiri dia acuh. Bagaimana pun juga diri sendiri juga perlu penghormatan.

3. Melihat Kebaikan Orang Lain
Sudah umum terjadi dalam sebuah hubungan akan muncul pertengkaran. Namun, hal ini bukan berarti membuat Anda enggan untuk berbuat baik kepadanya. Pada saat terjadi perselisihan, lihatlah kebaikan yang pernah ia lakukan.

Sesalah apa pun dia, pasti pernah melakukan kebaikan kepada Anda. Oleh karena itu, maafkanlah dan tetaplah untuk berbuat baik.

4. Menjadi Pendengar yang Baik
Pada saat seseorang sedang mencurahkan perasaannya, jadilah pendengar yang baik. Jangan sekali-kali menyalahkan atau memojokkannya.

Sebab, pada saat seperti ini, dia hanya butuh untuk didukung. Seandainya dia salah, jangan ingatkan pada kondisi seperti ini. Dengarkan terlebih dahulu segala unek-uneknya.

Di lain waktu, pada saat ia sudah tenang, beri masukan secara halus tentang kesalahannya.

5. Jangan Salah Memilih Contoh
Terkadang, pada saat melihat orang lain berbuat baik, Anda tergoda untuk melakukannya juga. Itu sangat sah, bahkan dianjurkan. Namun, Anda perlu selektif dalam memilih panutan seperti ini.

Jangan sampai Anda mencontoh orang yang berbuat baik, namun mempunyai niatan tidak baik di belakangnya. Misalnya dengan berkata, “Si Anu saja kalau menyumbang juga perlu diumumkan kok.”

6. Bersikap Sopan dan Suka Menolong
Sebenarnya, menolong pada saat orang lain membutuhkan, itulah yang terpenting. Oleh karena itu, pada saat orang lain sedang memerlukan pertolongan, baik dia meminta maupun tidak, Anda harus segera membantunya. Seandainya tidak mampu membantu, bersikaplah sopanlah kepadanya.

7. Lebih Baik Memberi daripada Menerima
Prinsip ketujuh yang perlu Anda pegang adalah lebih baik memberi daripada menerima. Sebisa mungkin, jangan mengharap belas kasihan orang lain.

Sesempit apa pun kondisi Anda, teruslah berusaha untuk memberi. Namun, tetap harus disesuaikan dengan kemampuan diri.

Itulah beberapa cara menjadi pribadi yang baik dan di senangi orang.