Anda Ingin Melamar Kerja? 11 Cara Wow ini Wajib Anda Lakukan

Bagian yang paling penting di dalam sebuah sesi wawancara kerja biasanya adalah pada bagian awal atau permulaan.

Pada sesi ini biasanya juga akan memungkinkan Anda untuk berusaha membuat kesan awal yang positif dan kesan yang baik.

Pihak HRD yang sudah berpengalaman di sebuah perusahaan biasanya akan bisa membaca dalam waktu kurang dari 30 detik saja, apakah sang pelamar kerja benar-benar mempunyai kepribadian yang memadai dan kelayakan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Nah, bagi Anda sekalian yang sedang atau akan melamar kerja di sebuah perusahaan, sangat penting untuk Anda ketahui tentang bagaimana agar bisa membuat kesan pertama yang positif dan meyakinkan agar proses wawancara bisa dilalui dengan sukses.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba sebelum melamar kerja :

1. Dengan Berlatih
Ya, dengan cara berlatih, akan memungkinkan Anda untuk lebih menyempurnakan performa Anda di saat akan melakukan wawancara kerja.

Dengan sedikit berlatih, akan sangat membantu Anda untuk dapat terlihat lebih meyakinkan dan lebih berkesan positif.

Kalau Anda sudah mendapatkan kepercayaan diri yang cukup, tentunya Anda akan lebih mudah, santai, tidak gugup saat menjalani sesi wawancara.

2.Kenakanlah Pakaian yang Rapi
Dapat dipastikan bahwa sang pihak pewawancara akan lebih menghargai Anda saat melihat penampilan Anda yang rapi dan sopan.

Oleh karenanya, sebaiknya sehari sebelum Anda menjalani sesi wawancara, Anda persiapkan pakaian pilihan yang sifatnya rapi, layak pakai, sopan, dan tentunya pantas untuk Anda kenakan.

3. Datanglah dengan Berbekal Pengetahuan
Gunakanlah waktu Anda sebelum melakukan interview untuk banyak melakukan riset dan penelitian, bisa mengenai perusahaan tempat Anda melamar kerja, atau mengenai dunia kerja terkait.

Hal ini sangatlah penting, karena biasanya pertanyaan-pertanyaan seputar perusahaan bersangkutan akan dilontarkan sebagai bahan pertimbangan di dalam sesi wawancara.

4. Galilah Informasi dari Karyawan di sana
Selain dengan menggali informasi dari sumber-sumber sekunder, akan lebih baik jika Anda bisa mencari tahu dengan bertanya langsung dari orang-orang yang pernah atau sedang bekerja di perusahaan terkait.

5. Menggali Informasi Mengenai Posisi yang Anda Lamar
Dengan mengetahui informasi mengenai posisi yang akan Anda lamar, itu akan membuat Anda bisa terlihat lebih sangat meyakinkan saat dalam proses wawancara.

6. Gali Informasi Mengenai Sang Pewawancara
Hal ini bisa dibilang sangatlah penting, agar Anda bisa mereka-reka, seperti apakah orang yang akan mewawancarai Anda nanti.

Apakah orang tersebut adalah orang yang terlalu serius, atau orang yang suka bercanda.

7. Jangan Terlalu Over Memakai Parfum
Aroma kuat dari parfum yang menyengat sangatlah tidak baik, karena bisa menimbulkan kesan yang negatif di saat Anda melakukan interview.

Maka, pakailah pewangi atau parfum dengan porsi yang sewajarnya.

8. Hindarilah Tangan yang Berkeringat
Sebelum sesi wawancara Anda dimulai, segeralah pergi ke toilet, dengan mencuci tangan yang bersih, dan mengeringkannya dengan baik dan benar.

Atau, Anda bisa membawa sapu tangan atau tissue untuk membersihkan keringat dari tangan Anda.

9. Berlatih Mengatur Pernafasan
Perlu Anda ketahui, kadangkala proses wawancara kerja itu bisa menjadi suatu hal yang sangat menekan, menguras tenaga, dan juga sedikit membuat stres.

Maka, sebelum Anda masuk sesi wawancara, sebisa mungkin atur pernafasan Anda sampai benar-benar merasa rileks sebelum sesi wawancara dimulai.

10. Tidak Perlu Panik
Walaupun Anda telah melakukan persiapan yang matang, biasanya pewawancara akan memberikan pertanyaan yang tak terduga.

Namun demikian Anda tidak perlu panik dan tetaplah fokus. Oleh karena itu, sebelum wawancara di mulai persiapkanlah diri Anda dengan kemungkinan yang buruk sekalipun.

11. Lakukan Jabat Tangan dengan Baik
Pada saat Anda memasuki ruang wawancara, jangan sampai Anda keliatan gugup dan deg-degan. Tapi sebaiknya ucapkanlah salam dan jabat tangan pewawancara dengan baik sambil tersenyum.


Leave a Reply