Jika Anda Kesulitan Melakukan Shalat 5 Waktu, Silahkan Praktekkan 6 cara Ini

Shalat adalah kewajiban seluruh umat muslim. Namun, masih banyak orang Islam yang belum bisa mematuhi shalat 5 waktu itu.

Ada yang shalatnya masih bolong-bolong, ada yang hanya shalat saat-saat khusus seperti shalat Jumat dan shalat Ied saja, dan ada pula yang justru masih belum melaksanakannya.

Tentunya, hal tersebut tidak boleh berlanjut. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa saran tentang cara agar rajin shalat 5 waktu.

1. Pahami Bahwa Shalat 5 Waktu itu Kewajiban
Tegaskan dalam pikiran bahwa shalat 5 waktu itu adalah kewajiban yang harus dilakukan. Tidak ada tawar menawar dalam hukum ini.

Dari kelima waktu tersebut, maghrib, isya, subuh, dhuhur, dan ashar; seluruhnya harus dikerjakan setiap hari.

Ingatlah bahwa saat tidak melakukan kewajiban, ada dosa yang tercatat, dan bisa jadi akan ada hukuman dari Allah.

2. Memohon Bantuan Pada Allah
Hidayah datang dari Allah dan segala sesuatu di dunia ini hanya bisa terjadi dengan ijin dari-Nya.

Oleh karena itu, mintalah bantuan dari Allah untuk menghilangkan rasa malas shalat. Mintalah bantuan agar menetapkan hati untuk yakin dengan kewajiban tersebut dan bisa melaksanakannya dengan istiqomah.

Jangan pernah berhenti untuk berdoa dan memohon kepada Allah. Yang pasti, Allah itu dekat dan akan membantu hambanya yang ingin berubah ke arah yang lebih baik.

3. Sebisa Mungkin Shalat Setelah TerdengarAdzan
Bersegeralah shalat, jangan ditunda-tunda. Menunda shalat justru bisa meningkatkan rasa malas. Jadi, setelah terdengar suara adzan, segeralah mengambil wudhu dan shalat.

4. Buat Pengingat, Bisa dengan Alarm atau Menempelkan Kalimat Penyemangat di Dinding Kamar
Jika adzan tidak cukup sebagai pengingat atau bahkan tidak terdengar suara adzan di tempat Anda, maka buatlah pengingat yang bisa mengingatkan Anda bahwa Anda harus shalat.

Anda bisa menggunakan alarm untuk mengingatkan bahwa Anda harus shalat.

Selain itu, bisa juga membuat kalimat penyemangat untuk shalat 5 waktu dengan tepat yang dipasang di dinding kamar atau tempat-tempat pribadi lainnya yang mudah terlihat.

5. Mencari Teman Sholeh Sebanyak Mungkin
Teman yang sholeh akan mengingatkan dan mengajak Anda untuk shalat. Mereka akan senantiasa mengajak Anda untuk menuju kebaikan.

Biasanya akan lebih mudah untuk melaksanakan shalat jika ada teman yang mengajak.

Setelah Anda terbiasa shalat bersama teman, hal itu bisa terbawa dan menjadi kebiasaan shalat 5 waktu dimanapun Anda berada, bahkan saat Anda sendiri akan terpanggil untuk shalat.

6. Rasakan Kenyamanan Saat Sholat
Shalat yang benar bisa menentramkan hati.Oleh karena itu, rasakanlah kenyamanan saat shalat dan perubahan yang terjadi setelah Anda rajin shalat.

Anda akan bisa merasakan dan mengerti akan kehebatan shalat. Selanjutnya, rasa malas akan berangsur hilang dan Anda akan selalu ingin shalat.

Insyaallah, Anda akan selalu rajin shalat 5 waktu secara penuh.


Leave a Reply