Sukses Mendidik Anak Melalui 5 Cara Simpel Ini

Halo sahabat foldersukses. Senin pagi yang menyenangkan bukan?.

Anak merupakan aset terbesar yang di miliki setiap orang tua. Memiliki anak yang baik dan cerdas adalah sesuatu yang sangat di impikan oleh semua orang tua mana pun.

Untuk memiliki anak yang baik tentu merupakan tanggung jawab bagi setiap orang tua. Tapi bagaimanakah cara mendidik anak dengan baik?.

Secara teori hal tersebut memang mudah di lakukan tapi penerapannya begitu sulit. Dan sebagian orang tua telah merasa cukup dengan memasukkan anak ke sekolah.

Padahal tidak hanya sampai disitu saja, mendidik anak sebenarnya adalah tanggung jawab orang tua sepenuhnya.

Oleh karena itu mendidik harus di pahami secara mendalam jangan hanya setengah-tengah, agar kelak anak kita tumbuh dengan baik dalam hal intelektual, spiritual maupun emosional.

Untuk itu, bagi Anda yang kesulitan dalam mendidik anak, inilah beberapa cara mendidik anak dengan baik yang bisa Anda terapkan.

1. Mengajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab

Kekhawatiran yang berlebihan pada anak tidak perlu kita lakukan. Cobalah untuk mempercayai buah hati kita.

Tapi hal itu tetap harus kita pantau dari jauh dan jangan melindungi anak apabila melakukan kesalahan.

Ajarilah anak kita mengenali permainannya sendiri dan merapikannya setelah mereka selesai bermain.

Apabila telah memasuki masa sekolah, ajaklah anak kita menyiapkan keperluannya. Arahkan anak untuk menyisihkan sebagian uang sakunya untuk di tabung.

2. Ajari Anak Berpendapat

Seringkali pendapat anak tidak di pedulikan oleh orang tua. Karena kita sebagai orang tua menganggap pendapat mereka tidaklah penting.

Dan apabila hal tersebut dilakukan maka anak kita bisa menjadi minder dan tidak berani berpendapat.

Sebagai orang tua, sebaiknya kita memberi respon positif kepada anak kita walaupun pendapatnya asal-asalan. Memberi pujian merupakan salah satu cara yang cukup baik yang bisa kita lakukan.

Tapi untuk anak yang sifatnya pemalu kita bisa mengajukan pertanyaan kepada mereka, hal demikian bisa memicu anak melontarkaan pendapatnya.

3. Menjadi Teladan/Contoh Bagi Anak

Sikap dan prilaku kita sebagai orang tua akan di contoh oleh anak kita. Oleh karena itu, jika kita mengingingkan buah hati kita menjadi pribadi yang baik, sopan dan bertutur kata yang lembut maka kita pun harus harus mencerminkan hal tersebut.

Jika ingin putra-putri kita taat beragama, maka kita pun harus taat beragama juga karena orang tua adalah contoh dan teladan utama bagi anak-anaknya.

4. Hindari kata “Jangan”

Pada umumnya anak-anak suka melakukan hal yang baru. Tapi anak tidak menyadari bahwa hal itu dapat membahayakan mereka.

Sebagai orang tua kita kerap melarang buah hati kita dengan ucapan “jangan”. Padahal ucapan tersebut tidaklah bagus apabila sering di ucapkan kepada anak.

Akan lebih baik jika kita melarang buah hati kita dengan cara seperti ini. Contohnya anak kita sedang berlari, kita sebagai orang yang bijak melarangnya dengan ucapan “Nak berjalan pelan saja”.

5. Hindari Berkata Keras dan Mengancam

Ya,berkata keras, mengancam apalagi meneriaki anak sebisa mungkin kita harus hindari.

Karena anak ibarat kertas kosong, baik atau tidaknya anak kita kelak itu tergantung didikan kita selaku orang tua. Kalaupun anak kita nakal atau bandel cobalah menahan emosi dan berkata yang lembut kepadanya.

Mendidik anak merupakan tanggung jawab setiap orang tua. Semoga kita dapat menjadi kebanggaan bagi buah hati kita. Berilah kasih sayang sepenuhnya agar kelak anak kita tumbuh menjadi seperti yang kita inginkan.


Leave a Reply