Untuk Anda yang Sering Takut gagal, Perhatikan 8 Tips Berikut Ini Untuk Menghilangkannya

Seringkali bayangan-bayangan buruk memenuhi kepala sehingga muncullah rasa takut bahwa apa yang telah direncanakan tidak akan berjalan dengan baik.

Semakin lama bayangannya semakin buruk dan takut semakin menjadi. Rasa itu bertumpuk hingga muncullah keinginan untuk menyerah.

Menyerah sebelum bertanding adalah sesuatu yang memalukan dan akan menghasilkan penyesalan mendalam di kemudian hari.

Jika Anda mengalami hal ini, berikut adalah beberapa cara menghilangkan rasa takut gagal.

1. Buatlah rencana yang baik, terperinci, dan sesempurna mungkin
Rencana yang baik akan membuat kemungkinan berhasil yang tinggi. Rencana yang terperinci akan menurunkan kemungkinan gagal karena tidak ada yang terlewatkan.

Memang tidak ada rencana yang sempurna karena selalu ada tangan Tuhan yang menentukan hasil akhir dari segala sesuatu.

Namun, saat rencana sudah dibuat sesempurna mungkin, rasa yakin akan keberhasilan semakin meningkat sehingga rasa takut gagal berkurang.

2. Mintalah pendapat dari orang lain yang berilmu tentang rencana tersebut
Rasa takut bisa muncul karena rasa tidak percaya diri. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, mintalah pendapat dari orang lain yang memiliki ilmu cukup untuk menilai rencana Anda tersebut.

Penilaian yang baik tentunya akan menumbuhkan keyakinan diri dan memberi rasa bahagia yang membawa semangat tinggi untuk berjuang.

Jika penilaiannya kurang baik, mintalah saran untuk memperbaiki rencana Anda. Ikutilah petunjuknya dan perbaiki rencana Anda hingga penilaiannya memuaskan.

3. Berlatihlah berulang-ulang
Jika memungkinkan, berlatihlah melakukan apa yang Anda rencanakan dengan berulang-ulang. Walaupun sudah mendapatkan hasil latihan yang baik, lakukanlah lagi hingga Anda yakin bahwa nantipun hasilnya akan sama baiknya.

Latihan terbaik adalah latihan yang diawasi oleh orang lain sehingga didapatkan penilaian yang lebih benar dan terperinci tentang hasil latihannya.

4. Jika pernah gagal, pelajari kembali kegagalan tersebut
Trauma akan kegagalan di masa lalu menjadi momok bagi banyak orang sehingga menjadi takut akan mengulang kegagalan. Namun, Anda tentunya pernah mendengar bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Oleh karena itu, jangan pernah menyesali kegagalan karena hal itu merupakan proses pembelajaran agar Anda lebih tahu, lebih berhati-hati, dan lebih hebat lagi di masa yang akan datang.

Yang harus dilakukan adalah mempelajari kembali kegagalan tersebut untuk mengetahui titik-titik kesalahannya kemudian mencari solusi agar kesalahan tersebut tidak terjadi.

Pastikan bahwa pada rencana kali ini, Anda tidak akan membuat kesalahan yang sama. Begitulah cara orang pintar menghadapi kegagalan.

5. Bayangkan bagaimana nanti jika Anda menyerah saat ini
Pikirkan konsekuensi dari rencana yang tidak jadi Anda jalankan. Konsekuensinya bisa apapun baik yang bersifat jasmani maupun kejiwaan.

Saat konsekuensinya muncul dalam pikiran, bisa jadi konsenkuensi tersebut lebih menakutkan sehingga rasa takut gagal bisa disingkirkan.

6. Bayangkan kebahagiaan yang akan dirasa jika sukses
Bayangan positif bisa mengalahkan yang negatif. Oleh karena itu, bayangkanlah hal-hal yang baik-baik tentang apa yang akan Anda dapatkan dari kesuksesan Anda. Semangat akan muncul lagi.

7. Istirahatkan diri sebentar dengan liburan kecil
Setelah semuanya siap dan Anda masih juga merasa takut, istirahatkanlah otak dan tubuh Anda sebentar dengan liburan kecil yang menyenangkan.

Kebahagiaan akan menghilangkan stress dan membuat Anda lupa akan rasa takut yang sebelumnya melanda. Liburan yang dilakukan tidak harus berpergian jauh.

Anda bisa melakukannya di rumah atau bahkan di tempat Anda mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan yang direncanakan. Jenis liburannya bisa beragam sesuai dengan kesenangan Anda.

Contohnya adalah menonton film